browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

=Veterinary Entrepreneurship=

Posted by on 24 March 2016

w
Veterinary Entrepreneurship (Vetship) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Frienship BEM FKH IPB yang telah diselenggarakan pada tanggal 19 maret 2016 di RKA FKH.  Acara ini membuka wawasan mahasiswa untuk  memulai bisnis dengan baik dan benar. Vetship berlangsung dari pukul 08.00 WIB sampai jam 13.00 WIB. Pembicara yang diundang untuk mengisi acara ini yaitu Drh. Sahid dan Muhammed Cevy Abdullah, serta Prof. Dr. Drh. I Wayan Teguh Wibawan, MS sebagai moderator. Acara bincang-bincang ini dibuka dengan pembacaan puisi oleh Dini Nurul Fajri yang berjudul “Perjuangan” karya Taufiq Ismail.

Rangkaian acara ini ada dua sesi yaitu sesi pertama adalah bincang bisnis dengan Drh. Sahid. Beliau menjelaskan tentang tata cara untuk memulai bisnis. Sabar merupakan hal yang sangat penting dalam memulai usaha karena semua hal yang kita lakukan itu membutuhkan proses. Proses yang harus dilalui oleh seorang wirausaha pun tidak cepat dan mudah. Setiap wirausahawan pasti memulai usahanya dari sedikit demi sedikit, pelan tapi pasti, beristiqomah, dan kerja keras untuk melawan kelemahannya. Wirausahawan tentunya juga membutuhkan modal untuk memulai bisnisnya. Menurut beliau, modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha yaitu kemauan, kejujuran, keuletan, ketekunan, kenekatan, dan permodalan. Ketika seseorang telah memiliki modal tersebut, langkah selanjutnya yaitu berikhtiar dan berusaha semaksimal mungkin agar hasil yang diharapkan dapat tercapai.

Sesi kedua dari acara Vetship ini adalah bedah novel “180” yang ditulis oleh Muhammed Cevy Abdullah dan dimoderatori oleh prof. Dr. Drh. I Wayan Teguh Wibawan, MS. Beliau (Muhammed Cevy Abdullah), dulunya adalah mahasiswa kedokteran hewan yang merupakan mahasiswa bimbingan dari prof. Dr. Drh. I Wayan Teguh Wibawan, MS. novel “180” ini menceritakan tentang perjalanan hidup Tora, seorang anak muda dari keluarga miskin yang memiliki cita-cita sangat besar. Tora sangat disiplin, fokus, dan bekerja keras untuk meraih cita-citanya gingga akhirnya ia menjadi miliuner pada usia 30 tahun. Tentunya di dalam novel ini juga diceritakan suka duka dan kisah cinta Tora.

Novel ini cocok untuk generasi muda kreatif, penuh impian, dan penuh semangat untuk meraih cita-citanya. Muhammed Cevy Abdullah juga membagikan 40 novel untuk pendatang pertama di acara Vetship ini. Acara Vetship ini dibuka untuk umum, jadi seluruh mahasiswa IPB bisa datang untuk mengikuti acara ini. jumlah peserta yang hadir dalam acara ini ada 98 orang yang mayoritas anak FKH namun juga ada mahasiswa dari fakultas lain yaitu dari Faperta, FPIK, Fapet, Fahutan, FMIPA, Fateta, FEM, dan FEMA. Peserta sangat antusias untuk bertanya tentang bisnis mulai dari langkah memulainya, tantangannnya, strategi, dan sebagainya.

he

Di ujung acara ini ditutup dengan hiburan dari STERIL, bernyanyi bersama dengan saudara laki-laki (adik) dari Muhammed Cevy Abdullah, kemudian foto bersama dan meminta tanda tangan kepada sang pengarang bagi yang mendapatkan novel. Bukan hanya sampai disini, rangkaian acara ini juga mewadahi mahasiswa untuk mengembangkan ide bisnisnya dengan mengikuti lomba Bussines Plan. Tema yang diambil pada lomba Bussines Plan ini yaitu Pengolahan Produk Asal Hewan yang Kreatif dan Inovatif. Ide akan dituangkan dalam sebuah proposal. Lima proposal dengan ide yang terbaik akan diberi modal untuk direalisasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *