browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

PRESS RELEASE “NATIONAL VETERINARY COMPETITION 2017”

Posted by on 29 May 2017

20170529202308
National Veterinary Competition (Vetcom) 2017 telah sukses digelar pada tanggal 12-14 Mei lalu. Acara ini merupakan acara tahunan yang dari Departemen PSDM BEM FKH IPB. Vetcom tahun ini di dukung oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Food and Agriculture Organization of the United Nations serta beberapa sponsor antara lain Emina, Empu Sirmulat, Proplan, International Design School, Trubus, Medion, Shigeta, Super Kue. Media partner yang mendukung suksesnya acara ini diantaranya Radar Bogor, Vetways, Viva Veteriner, Kompas Corner Umn, Bogor Event, Lascar Dokter, dan Lembar Impian.

Tema National Veterinary Competition 2017 adalah membangun sinergisitas antar mahasiswa kedokteran hewan se-Indonesia dengan poros semangat One Health. Tema ini diambil karena dokter hewan secara khusus dipersiapkan untuk dapat bekerjasama dalam paradigma One Health’ sebagai bagian penting dari implementasi konsep One Health’. Oleh sebab itu kerjasama dan kolaborasi yang baik antar dokter hewan se-Indonesia harus dipupuk melalui calon-calon dokter hewan di seluruh Indonesia. Dalam rangkaian acara Vetcom tahun ini terdapat hal istimewa yaitu diadakannya seminar dengan tema Peningkatan Pemahaman dan Kesadaran dalam Penggunaan Antimikroba yang Bijak dan Bertanggung Jawab untuk Mengendalikan Laju Perkembangan Resistensi Antimikroba.  Peserta Seminar merupakan mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum.

National Veterinary Competition (Vetcom) 2017 terdiri dari 5 cabang lomba, yakni Design Poster Veteriner, Tulis Esai , Film Dokumenter, Film Edukasi, dan Lomba Cerdas Cermat Veteriner (LCCV). Film Edukasi dan Tulis Esai merukapan cabang lomba baru dari Vetcom 2017. Total seluruh finalis vetcom ada 97 orang dari semua cabang lomba. Kegiatan VETCOM 2017 dimulai pada tanggal 12 Mei 2017 dengan kegiatan Gala Dinner peserta pada pukul 19.00-21.00. Gala dinner dilakukan sekaligus dengan Technical Meeting untuk menjelaskan teknis pelaksanaan lomba yang diadakan pada esok hari.

Hari kedua tanggal 13 Mei 2017 diadakan acara pembukaan di RK FKH A, Acara diawali dnegan pembukaan oleh MC, sambutan dari Ketua Pelaksana acara Vetcom 2017, Ketua BEM FKH IPB 2016-2017, dan sambutan dari Dekan FKH IPB. Acara dilanjutkan dengan penjurian cabang lomba poster, film dokumenter, dan film edukasi di tempat yang terpisah. Pada pukul 11.45 WIB babak penyisihan untuk peserta LCCV dimulai dengan mengerjakan 100 soal selama satu jam. Pada babak penyisihan terdapat 9 kelompok yang lolos menuju babak semifinal, 3 kelompok dari IPB, 2 kelompok dari Unair, 2 kelompok dari UGM, dan 2 kelompok dari UWKS. Pada babak final, terdapat tiga kelompok yang lolos, 2 dari IPB dan satu dari Unair. Malam harinya diadakan acara sarasehan, makan malam bersama dan beberapa hiburan.

Pada tanggal 14 Mei 2017 diadakan seminar di Auditorium JHH Fakultas Peternakan IPB. Terdapat empat pembicara yaitu Dr. Drh. Heru Setijanto PAVet, dr. Harry Parathon Sp. OG, Dr. Drh. Denny Widaya Lukman, MSi, dan Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, PhD. Seminar ini dimoderatori oleh Prof. Drh. Srihadi Agungpriyono, PhD PAVet. Pada penghujung acara diadakan pengumuman pemenang lomba Vetcom 2017, dan rangkaian acara Vetcom ditutup oleh Dr. drh. Heru Setijanto PAVet. Beliau berharap dapat terus dilaksanakan dan diikuti oleh mahasiswa fakultas kedokteran hewan di seluruh Indonesia. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang menyempatkan hadir, Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Food and Agriculture Organization of the United Nations, serta menitipkan salam kepada Dekan FKH universitas lain di seluruh Indonesia.

Pengumuman pemenang VETCOM 2017

Lomba essai

Juara 1: Syaiful Haq Astana (UB)

Juara 2: Nadiyya itsna m (IPB)

Juara 3: Suryadi Pappa (Unhas)

Lomba poster

Juara 1: Satria Tegar Wicaksana (IPB)

Juara 2: Annisa Catria Latif (UWKS)

Juara 3: I Kadek Fendy Lesmana (IPB)

Lomba LCCV

Juara 1: IPB (Tim Nadhifa Trihapsoro)

Juara 2: Unair (Tim Hanin Fadlailul Lintar)

Juara 3: IPB (Tim Farandy Insan Sejati)

Lomba film dokumenter

Juara 3: UGM (Tim Vika Fajriatun Khasanah)

Juara 2 : IPB (Tim Panji Khoirul Anam)

Juara 1: UWKS (Tim Michael Beltho)

Juara favorit: UB (Tim Muhammad triskan)

Lomba film edukasi

Juara 3: “What If Amalia” IPB

Juara 2: “antimicrobial resistance” UGM

Juara 1: “rempong veteriner” IPB

Juara umum: IPB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *