browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Mahasiswa FKH IPB Kembangkan Inovasi Krim Antimiasis dengan Ekstrak Biji Bengkuang

Posted by on 16 July 2017

338940Sebagai kampus inovasi, IPB tak henti-hentinya menelurkan berbagai inovasi untuk negeri. Termasuk lima orang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan yang mengembangkan krim antimiasis dengan ekstrak biji bengkuang. Kelima mahasiswa tersebut adalah Rina Astuti, Yoga Rivaldi, Nabillah Ananda Sakinah, Annisa Zikriatin Nafilah, dan Seftian Syahri Putra.

338905

Setelah beberapa bulan dikembangkan, inovasi krim besutan mahasiswa FKH ini telah tersebar ke berbagai daerah yang mencakup lima pulau besar di Indonesia dan daerah endemik miasis seperti Lombok. Selain itu, kelima mahasiswa yang tergabung dalam satu tim PKM Kewirausahaan ini telah menjalin kemitraan dengan koperasi peternak, puskeswan, dan petani bengkuang sebagai penyuplai bahan baku.

Tim PKM Kewirausahaan yang mendapat hibah dana dari Kemristekdikti ini secara kontinu melakukan proses produksi dan pemasaran.  Hasilnya, tim ini meraup omset sebesar 2,9 juta rupiah dengan keuntungan mencapai 1,9 juta.

Sebagai rencana ke depan, tim yang beranggotakan lima orang ini akan mengembangkan variasi produk untuk berbagai jenis hewan. Salah satunya adalah krim untuk hewan kesayangan seperti kucing dan anjing yang saat ini sedang dikembangkan.

Mendekati monitoring dan evaluasi (monev) dari Kemristekdikti, tim yang diketuai oleh Rina Astuti (angkatan 51) ini melakukan berbagai persiapan. Tahap monev ini menjadi salah satu penentu untuk masuk ke ajang PIMNAS yang diadakan setiap tahun.

Semoga tim PKM FKH IPB mendapatkan hasil yang terbaik dan mengharumkan nama baik fakultas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *